Cara Cepat Dapat Order Grabbike, Menarik!

Profesi sebagai pengemudi ojek online alias ojol saat ini memang begitu menjanjikan. Semakin banyak persaingan membuat para ojol mencari cara cepat dapat order Grabbike. Karena hingga saat ini, penghasilan ojol masih terkait dengan jumlah orderan sehingga cara cepat dapat order Grabbike begitu dibutuhkan. Jika Anda merupakan ojol dengan armada sepeda motor, ada banyak cara cepat dapat order Grabbike yang mudah dan bisa dicoba.

Cara Cepat Dapat Order Grabbike

Di Indonesia sendiri, ada dua operator jasa transportasi online terbesar yang beroperasi yakni Go-Jek serta Grab. Kini hampir di seluruh pelosok Nusantara, menemukan pengemudi Go-Jek atau Grab bukanlah hal yang sulit lagi. Kemajuan teknologi dan perubahan perilaku yang semakin digital membuat platform transportasi online semakin banyak dibutuhkan. Grab misalnya, hingga akhir tahun 2017 sudah beroperasi di 100 kota di Indonesia.

Apa yang dicapai Grab ini memang terbilang cukup luar biasa mengingat penyedia transportasi online asal Malaysia ini baru di Indonesia pada tahun 2014. Terlepas dari persaingan keduanya, baik Go-Jek dan Grab memiliki kontribusi yang begitu besar dalam perkembangan transportasi, teknologi digital serta masalah pengangguran di Tanah Air. Karena saat ini sudah ada jutaan orang menjadi pengemudi ojol.

Lantaran tingginya jumlah pengemudi ojol itulah, persaingan di antara driver Grabbike semakin ketat. Hanya orang-orang inovatif yang paham cara cepat mendapatkan orderan Grabbike bakal laris manis. Bukan menggunakan cara-cara curang, untuk meningkatkan penghasilan ojol, ada beberapa langkah ‘halal’ yang bisa Anda tempuh tanpa harus menghadapi risiko suspend dari pihak Grab.

Inilah 7 Tips Cepat Dapat Order Grabbike

Untuk bisa meraup penghasilan besar sebagai pengemudi ojol, modal utama adalah kesabaran, tidak mudah lelah serta bensin yang selalu tersedia. Namun sebetulnya selain yang sudah disebutkan, cara cepat dapat order di Grabbike ialah berpikir cerdas. Yap, Anda harus tahu beberapa tips supaya perjalanan mencari penumpang tidak sia-sia dan cuma buang-buang bensin. Seperti apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya:

  1. Mengenali Lokasi

Ada banyak sekali lokasi yang memiliki peluang banyak sekali calon konsumen. Beberapa di antaranya adalah pusat perbelanjaan, pusat keramaian masyarakat, rumah sakit, pasar, sekolah, terminal hingga stasiun. Untuk itulah agar Anda cepat memperoleh orderan, jangan segan untuk nongkrong di tempat-tempat ramai ini. Jangan ragu untuk bertanya kepada anak-anak muda di mana tempat konser bakal digelar karena bisa menguntungkan.

Namun wajib diingat, kalau ada beberapa lokasi yang dilarang bagi ojol untuk mencari penumpang. Biasanya pelarangan ini dikarenakan persaingan usaha yang dirasakan oleh penyedia transportasi darat. Bandara, stasiun dan terminal bus misalnya, mereka melarang para ojol baik Go-Jek atau Grab untuk menjemput penumpang karena itu sudah jadi jatah taksi/angkot. Pihak ojol hanya diperbolehkan mengantar penumpang saja.

Cara Cepat Dapat Order Grabbike

  1. Paham Jam Sibuk

Cara supaya cepat dapat order Grabbike lainnya adalah Anda memahami jam-jam sibuk di sebuah lokasi. Misalkan saja jam-jam anak pulang sekolah pada kisaran pukul 13.00-14.00, Sehingga ketika mendekati waktu itu, Anda bisa langsung mangkal di luar gerbang sekolah. Begitu juga dengan jam pulang karyawan kantor atau pabrik yang ada di kisaran 17.00, menjadi peluang orderan pula.

Pahami juga mengenai istilah semakin pagi berangkat kerja, maka penghasilan makin besar. Yap, beberapa anak sekolah kadang membutuhkan jasa ojol karena orangtua mereka tak bisa mengantar sekolah saat pagi. Sehingga tak ada salahnya Anda sudah bangun pagi, dan menyalakan aplikasi untuk mencari penumpang. Namun wajib diingat karena perkara jam sibuk ini juga diburu oleh driver yang lain, jadi bisa saja terjadi penumpukan ojol.

Untuk pengemudi Grab, memperhatikan jam sibuk ini menjadi cara cepat mendapatkan orderan Grabbike paling ampuh. Ada cukup banyak kisah sukses pengemudi Grabbike karena bisa memperhatikan jam sibuk. Di mana untuk waktu pagi sekitar pukul 05.00-09.00 dan untuk waktu petang pada 16.00-20.00. Di jam-jam tersebut akan ada reward khusus sebagai biaya tambahan per job serta banyak yang ingin Top Up dompet digital.

  1. Jaringan Internet Stabil

Seperti yang sudah diketahui, kunci utama seorang driver Grabbike adalah akses internet yang stabil. Dengan jaringan online yang sinyalnya tak mudah hilang, Anda tentu tak akan kehilangan momen memperoleh orderan. Saat ini jaringan internet di Indonesia sudah menyentuh teknologi 4G yang berarti membuat akses online makin kencang. Sehingga tak ada salahnya Anda memiliki perangkai gawai dengan kemampuan akses 4G.

Bukan cuma berpengaruh memperoleh penumpang, jaringan internet yang stabil juga berdampak saat Anda sedang mencari alamat ketika mendapat order antar barang. Sungguh melelahkan ketika tiba-tiba sinyal hilang di saat Anda berada di lokasi asing karena GPS tidak berfungsi. Bisa-bisa Anda tersesat dan konsumen bakal kecewa karena orderannya lama tiba.

  1. Smartphone Kuat

Sebagus apapun sinyal internet yang Anda miliki pada gawai, akan terasa sia-sia saja kalau HP Anda tidak berkualitas. Karena aplikasi ojek online memiliki beberapa tahapan yang jika dipasang pada HP dengan kapasitas minimalis, bakal sering bermasalah. Untuk itulah biasanya perusahaan ojol akan meminta para mitra pengemudi mereka menggunakan HP dengan kekuatan RAM terendah adalah 1 GB.

Dengan standar RAM 1 GB, pengemudi Grabbike tak akan repot kalau tiba-tiba saat sedang browsing mendapat orderan dan harus membalas chatting dari klien sambil tetap membuka alamat tujuan. Namun jika Anda ngotot menggunakan HP misalnya dengan kapasitas RAM cuma 512 MB saja, jelas akan merasakan sensasi lemot yang bisa bikin kesal, emosi dan konsumen kecewa.

  1. Ada Daya Baterai Tambahan

Hal penting lain sebagai cara agar cepat dapat order Grabbike adalah selalu memiliki HP dengan baterai yang terisi. Dengan begitu Anda akan bisa standby kapanpun dan di manapun saat ada konsumen yang membutuhkan jasa. Dengan HP yang memiliki kualitas baterai baik dan tidak mudah habis, jam kerja Anda pun bakal lebih panjang dan penghasilan lebih besar.

Namun bagaimana dengan HP yang baterainya punya kapasitas kecil dan mudah habis? Pergunakan yang namanya power bank alias PB. Saat ini PB merupakan salah satu ‘amunisi perang’ para pengemudi ojol. Keberadaan PB dengan kapasitas yang bisa untuk setidaknya sekali pengisian daya baterai HP begitu membantu. Namun Anda jangan lupa untuk juga mengisi ulang daya PB agar bisa digunakan setiap harinya.

  1. Memperhatikan Google Maps

Seberapa pentingkah pengaruh Google Maps alias GMaps bagi pengemudi ojol? Sangatlah besar. Karena GMaps akan memberikan informasi lokasi yang begitu akurat untuk menjemput penumpang atau mengantar barang. Saat ini ada banyak sekali orang yang tidak tahu alamat lengkap dia tinggal atau singgah sehingga lebih memilih untuk share location lewat aplikasi. Untuk itulah pengemudi ojol diharapkan bisa membaca GMaps.

Sebetulnya tidak sulit untuk bsia membaca GMaps karena Anda tinggal mengaktifkan saja fitur GPS pada HP. Nanti GPS akan menuntun Anda menuju lokasi tujuan pada peta online termasuk harus kapan berbelok dan harus kapan berhenti. Kemampuan membaca GMaps ini sayangnya belum dikuasai penuh oleh seluruh ojol yang ada di Indonesia. Padahal hal ini termasuk cara cepat dapat order Grabbike yang sangat penting.

  1. Pelayanan Driver Grabbike 

Tahukah Anda kalau semakin cepat seorang driver Grabbike menyelesaikan orderan atau pesanan sebelumnya, maka Anda bisa segera memperoleh orderan kembali. Hal ini tak lepas dari sistem ojek online dibuat agar setiap pengemudi menerima orderan baru setelah menyelesaikan orderan sebelumnya. Untuk itulah ini jelas menjadi salah satu tips cepat dapat order di Grabbike.

Kendati begitu, Anda juga harus tetap mengutamakan keselamatan dalam setiap orderan. Jangan sampai Anda mengebut karena ingin cepat-cepat menyelesaikan orderan saat ini supaya bisa dapat pesanan lagi. Kalau Anda nekat ngebut, konsumen jelas akan was-was kala dibonceng dan bisa saja barang pesanan rusak. Jika begitu nanti performa alias rating penilaian ojol bakal berpengaruh dan bisa-bisa gagal memperoleh bonus atau insentif.

 

Hal lain juga yang terkait dengan pelayanan seorang driver Grabbike adalah haram namanya menolak orderan. Ada kalanya beberapa ojol menolak pesanan karena beberapa hal seperti motor mendadak mogok atau tiba-tiba sakit perut. Itu memang menjadi hak setiap ojol, tapi ternyata menolak orderan bisa mempengaruhi rating sehingga insentif menurun. Lebih baik biarkan konsumen yang membatalkan pesanan dengan alasan logis.

Jika Anda mencoba menerapkan satu dari tujuh tips yang sudah diulas, bukan tak mungkin kalau pendapatan Anda bakal bisa bertambah. Meskipun memang menjadi pengemudi ojol adalah mengutamakan kekuatan, bekerja cerdas akan jauh membuat pemasukan Anda meningkat tanpa buang banyak tenaga atau waktu.

Heat Map, Cara Agar Cepat Dapat Order Grabbike Yang Resmi

Selain tips yang sudah diulas di atas, kesabaran memang mutlak menjadi kunci utama bagaimana penghasilan pengemudi ojol bertambah. Menyadari kalau mitra pengemudi mereka adalah kelompok orang yang tangguh dan bersedia bekerja keras, Grab Indonesia pun memberikan solusi agar penghasilan para driver Grabbike bertambah. Dan solusi itu merupakan fitur Heat Map yang dibenamkan otomatis pada aplikasi Grab Driver.

Untuk bisa menjalankan Heat Map yang menjadi cara supaya cepat dapat order Grabbike, Anda harus mengetahui dulu bahwa aplikasi Grab Driver sudah versi yang terbaru. Untuk mengecek apakah aplikasi Anda ini baru atau lama, maka bisa melihat dulu ke Playstore pada HP jenis Android dan Apple Store pada HP yang memakai sistem operasi iOS. Jika ada keterangan UPDATE atau PERBARUI, maka Grab Driver milik Anda adalah versi lama.

Kalau memang versi lama, maka harus sabar untuk di-update terlebih dahulu. Jika akses internet Anda bagus, proses ini sangatlah cepat dan cuma dalam hitungan detik atau menit saja. Kalau sudah selesai, maka tulisan UPDATE/PERBARUI akan berubah menjadi OPEN/BUKA. Tekan tombol ini dan Anda akan masuk ke aplikasi Grab Driver lalu login sesuai dengan akun yang Anda miliki.

Cara Mangaktifkan Heat Map Grab

Supaya fitur Heat Map aktif, Anda tinggal menekan tombol di pojok kanan bawah layar yang berbentuk seperti tombol POWER. Tunggu sesaat maka tampilan layar pada peta akan berubah dengan fitur Heat Map. Jika pada peta biasanya cuma berupa layar dan tanda-tanda jalan saja, maka saat Heat Map diaktifkan, peta akan memiliki beberapa warna berbeda yakni merah, kuning dan hijau.

Perbedaan warna inilah yang akan menjadi cara cepat dapat order Grabbike. Karena Anda akan tahu kawasan mana saja yang potensial untuk memperoleh orderan. Namun Anda juga harus tahu kalau setiap warna memiliki makna yang tak sama. Misalkan saja, warna merah berarti daerah itu memiliki orderan yang amat sangat tinggi tapi jumlah ojol amat sangat sedikit.

Sementara untuk daerah yang berwarna kuning, artinya terdapat orderan yang sangat tinggi tapi jumlah pengemudi Grabbike sangat sedikit. Dan terakhir adalah area dengan warna hijau yang bermakna terdapat orderan dengan jumlah tinggi tapi ojol yang tersedia sedikit. Lewat hal ini, Grab membuktikan kalau Heat Map adalah tips cepat dapat order Grabbike. Dengan meningkatnya penghasilan ojol, maka pemakai Grab pun bertambah.

Manfaat Heat Map Terhadap Penghasilan Driver

Tak hanya mengetahui kawasan-kawasan mana saja yang tengah butuh banyak ojol, Heat Map juga membantu para pengemudi Grabbike meningkatkan penghasilan. Karena semakin tinggi orderan di suatu area dan jumlah ojol sedikit, maka tarif yang diberikan perkilometer pun makin mahal. Untuk itulah Anda bisa fokus mengambil orderan di tempat itu demi menambah pundi-pundi rupiah.

Namun karena tampilan Heat Map berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi ojol dan orderan yang ada, pengemudi Grabbike harus selalu memantaunya. Biasakan diri Anda untuk selalu memeriksa Heat Map secara berkala. Dengan hal ini selain cara cepat dapat order Grabbike didapat, Anda juga bisa merencanakan strategi bekerja. Karena bisa saja sebuah area mendadak berwarna hijau, kemudian menjadi merah.

Jika Heat Map sudah digunakan secara cerdas, Anda akan terhindar dari berjalan tanpa tujuan dan cuma menghabiskan waktu serta bensin. Tetapi harus diingat pula bahwa Heat Map bisa bekerja dengan optimal jika akses internet Anda berkualitas. Semakin bagus jaringan internet, maka pelacak GPS akan bisa memetakan lokasi Anda dengan akurat. Sehingga Anda bisa memperoleh orderan dengan tepat tanpa risiko bermasalah.

Heat Map Jadi Solusi Fake GPS dan Fenomena Tuyul

Pada dasarnya, Heat Map bukanlah sebagai cara agar cepat dapat order Grabbike saja. Karena ternyata fitur ini diberikan oleh Grab Indonesia sebagai salah satu cara untuk memberantas penggunaan Fake GPS dan fenomena tuyul yang merajalela. Kedua hal ini menjadi penyebab banyaknya order fiktif yang malah bisa merugikan pihak Grab sendiri karena ulah ojol yang tak bertanggung jawab.

Seperti namanya, Fake GPS digunakan oleh beberapa pengemudi nakal agar mereka bisa ada di sebuah lokasi yang ramai dengan memasang titik lokasi palsu. Lokasi palsu ini sangat berguna seolah-olah mereka berada dekat sehingga dengan mudah memperoleh orderan di tempat-tempat ramai. Alhasil, calon penumpang justru dirugikan karena driver yang terlihat dekat di peta, justru sebaliknya berada cukup jauh.

Kendati merugikan, faktanya Fake GPS kerap digunakan sebagai salah satu cara cepat dapat order di Grabbike. Bahkan ada beberapa ojol yang nekat menggunakan dua buah HP dan memasang akun berbeda lalu berpura-pura menjadi klien dengan Fake GPS. Tindakan curang ini dinamakan dengan fenomena tuyul karena konsumen yang melakukan orderan sebetulnya fiktif alias tidak ada, seperti layaknya sosok tuyul si makhluk halus.

Sanksi Untuk Driver Nakal

Demi memberantas keberadaan order fiktif dan penggunaan Fake GPS, operator transportasi online di Indonesia pun menerapkan beberapa solusi hingga sanksi yang tegas. Solusi yang ditawarkan bisa berupa Heat Map yang menjadi tips cepat dapat order Grabbike. Heat Map akan dengan mudah membuat setiap pengemudi ojol mengetahui daerah-daerah mana dengan potensi orderan terbanyak.

Selain itu sanksi yang cukup tegas juga diberikan kepada ojol yang terindikasi menggunakan Fake GPS. Grab Indonesia misalnya, mereka memperbaharui sistem dengan membenamkan secara otomatis program yang mampu mendeteksi aplikasi Grab Driver yang memasang Fake GPS. Pengemudi yang terbukti memakai Fake GPS akan langsung di-suspend akunnya sehingga tak bisa mencari penumpang.

Untuk bisa mengaktifkan kembali akunnya dan menerapkan beberapa cara cepat mendapatkan orderan Grabbike lagi, driver harus mengunjungi kantor Grab terdekat. Karena akun bagi seorang driver Grabbike memang memegang peranan penting. Sebuah akun yang tidak aktif bisa membuat seseorang tidak memperoleh penghasilan atau insentif sehingga sia-sia saja berada lama di jalanan.

Beberapa Hal Yang Membuat Insentif Susah Cair

Salah satu tujuan utama kenapa seseorang menerapkan beberapa tips cepat dapat order Grabbike adalah agar penghasilan bertambah lewat orderan yang makin banyak. Karena semakin banyaknya orderan yang masuk, pihak Grab akan memberikan insentif alias bonus sesuai dengan ketentuan. Hanya saja ternyata masih ada beberapa driver yang tidak bisa mendapatkan insentifnya. Kenapa bisa begitu?

Tak banyak yang tahu kalau bonus tidak dicairkan oleh Grab, terjadi karena beberapa kondisi. Untuk itulah sebagai ojol yang cerdas, Anda jangan hanya tahu perkara cara supaya cepat dapat order Grabbike saja, tapi juga wajib paham hal-hal yang membuat bonus ditahan oleh Grab.

Hal pertama yang membuat bonus ditahan adalah karena terindikasi melakukan kecurangan lewat Fake GPS. Karena bagi Grab, Fake GPS sangat merugikan.

Untuk itulah supaya akun Anda tidak dibekukan dan bonus ditahan, ada baiknya bekerja secara jujur. Namun kalau sudah terlanjur melakukan kecurangan, cara terbaik untuk mengaktifkan lagi akun adalah mengunjungi kantor pusat Grab terdekat.

Hal berikutnya yang menjadi penyebab insentif susah cair adalah karena Anda memiliki akun driver sekaligus penumpang dalam HP yang sama. Meskipun mungkin tujuan Anda memasang akun driver dan penumpang sama bukanlah sebagai cara agar cepat dapat order Grabbike, Grab menilai berbeda. Bagi Grab, keberadaan dua akun berbeda sebagai indikasi kecurangan. Sehingga ada baiknya Anda menghindari hal ini karena bisa saja malah membuat bonus Anda bakal susah cair.

Nah, bagaimana? Sebetulnya tidak susah bukan untuk meningkatkan penghasilan sebagai Grabbike? Karena memang beberapa hal sederhana dibutuhkan oleh pengemudi seperti kesabaran dan bekerja keras. Hindari betul aksi curang karena itu malah merugikan Anda. Daripada sibuk menggunakan Fake GPS, lebih baik terapkan saja beberapa cara cepat dapat order Grabbike dengan benar karena Anda akan jauh lebih puas dalam bekerja.

Cara Cepat Dapat Order Grabbike, Menarik! | Kerja Mudah | 4.5