Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK, Memangnya Bisa?

Ojek online merupakan salah satu alternatif transportasi di zaman modern ini. Tak jarang banyak orang yang menginginkan pekerjaan ini karena waktu yang lebih fleksibel dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Lalu, apakah cara daftar Gojek tanpa SKCK bisa dilakukan? Mengingat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) menjadi syarat wajib untuk melamar pekerjaan, membuat SKCK juga diperlukan waktu yang tidak sebentar. Cara daftar Gojek tanpa SKCK tentu saja bisa dilakukan, hanya saja Anda harus melengkapi SKCK sesudahnya. Jadi, cara daftar Gojek tanpa SKCK tidak bisa Anda gunakan, tetapi Anda harus melengkapinya dengan membuat SKCK terlebih dahulu.

Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK

Syarat Mendaftar Driver Gojek

Hampir sama dengan SKCK, untuk mendaftar menjadi driver Gojek diperlukan juga sebuah SIM. Jadi, tidak bisa jika cara daftar Gojek tanpa SIM sebagaimana mendaftar Gojek tanpa SKCK. Dengan adanya SKCK dan SIM, Anda bisa mendaftar sebagai driver Gojek dengan melampirkan syarat kelengkapan dokumen yang lain, seperti KTP dan STNK.

SKCK menjadi syarat bergabung menjadi driver Gojek yang harus dipenuhi oleh seorang calon driver Gojek. SKCK merupakan catatan kepolisian yang berisi bahwa seseorang tidak pernah terlibat dalam masalah hukum pidana. Dengan adanya SKCK menandakan bahwa seseorang memiliki kelakuan baik secara hukum pidana.

Baca juga:

Dokumen kelengkapan mendaftar Gojek harus Anda persiapkan selengkap mungkin. Hal ini akan membantu Anda ketika Anda mendaftar driver Gojek secara online. Cara daftar Gojek online sangatlah mudah. Dengan menggunakan HP, Anda bisa mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah tersedia di website.

Cara Membuat SKCK

Bagi Anda yang sudah membuat SKCK, tentu saja prosesnya tidak terlalu lama. Yang perlu diketahui bahwa masa berlaku SKCK sangatlah singkat, yaitu 6 bulan. Jika masa berlaku SKCK Anda sudah habis, Anda bisa memperpanjang SKCK di polres ataupun polsek.

Syarat perpanjang SKCK juga tidak terlalu banyak. Terlebih Anda sudah pernah melakukan perekaman sidik jari, sehingga untuk melakukan perpanjangan SKCK tidak terlalu memerlukan waktu yang lama. Untuk memperpanjang SKCK, Anda harus membawa SKCK, KTP, dan foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar.

Berbeda jika Anda belum memiliki SKCK, cara daftar Gojek tanpa SKCK tentu saja tidak dapat dilakukan sebelum SKCK terbit. Untuk itu, Anda perlu membuat SKCK terlebih dahulu di polres untuk melakukan perekaman sidik jari.

Untuk membuat SKCK sebenarnya hanya memerlukan waktu yang relatif singkat. Hanya saja karena antrian pembuatan SKCK cukup banyak, Anda harus bersabar karena waktu pembuatan menjadi semakin lama. Sebelum membuat SKCK, ada baiknya Anda mempersiapkan berkas yang diperlukan dalam pembuatan SKCK.

Dengan kelengkapan berkas pembuatan SKCK yang diperlukan akan mempercepat proses pembuatan SKCK Anda. Beberapa berkas yang harus Anda persiapkan ketika membuat SKCK bisa Anda fotokopi sebelum menuju polres ataupun polsek. Berkas dokumen seperti kartu identitas (SIM atau KTP), akta kelahiran, kartu keluarga, dan pas foto 4 x 6 sebanyak 6 lembar harus dipersiapkan.

Selain itu jika Anda baru membuat SKCK, Anda harus memiliki kartu sidik jari yang bisa dibuat di polres. Untuk memiliki kartu sidik jari, Anda memerlukan surat pengantar dari kelurahan/desa, pas foto 2 x 3 sebanyak 1 lembar dan 4 x 6 sebanyak 1 lembar. Setelah berkas lengkap, Anda baru bisa melakukan pemeriksaan sidik jari sebagai salah satu kelengkapan pembuatan SKCK.

Manfaat Memiliki SKCK

Dipakai untuk mendaftar berbagai lowongan pekerjaan adalah salah satu saja dari sederet manfaat memiliki SKCK. Dan, fungsi sekaligus manfaat SKCK tersebut ternyata juga berbeda, tergantung dari tingkatakn kepolisian yang mengeluarkan surat tersebut. Secara garis besar, ada tiga level SKCK; yang dikeluarkan Polsek, yang diterbitkan Polsek, dan SKCK terbitan Polda.

Untuk tingkat Sektor merupakan SKCK paling bawah levelnya. Biasa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, melanjutkan pendidikan, ataupun sebagai kelengkapan administrasi mencalonkan diri dalam pemilihan kepala desa.

Jangan lupa baca:

Selanjutnya adalah SKCK yang diterbitkan Polisi Sektor/Polres. SKCK jenis ini lebih tinggi levelnya daripada yang pertama tadi. Digunakan untuk mendaftar PNS di lingkungan setempat (kecamatan), melengkapi pendaftaran Caleg, maupun untuk melamar kerja di perusahaan BUMN, non PNS.

Dan terakhir adalah SKCK yang diterbitkan oleh POLDA. Fungsinya untuk pembuatan paspor, melengkapi berkas pencalonan sebagai walikota, ataupun DPRD tingkat Propinsi.

Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK

Kesimpulannya, cara daftar Gojek tanpa SKCK adalah tidak bisa. Pendaftaran tidak bisa dilakukan secara cuma-cuma. Anda harus membuat SKCK terlebih dahulu sebagai syarat kelengkapan dokumen pendaftaran driver Gojek. Karena semua berkas dan surat tersebut akan menjadi bahan pertimbangan kelayakan Anda menjadi driver. Semoga bermanfaat.

Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK, Memangnya Bisa? | Kerja Mudah | 4.5