Cara Ampuh Melawan Tuyul Ojek Online (Grab GoJek) 2019

Diposting pada

Cara melawan tuyul ojek online yang sekarang ini sedang marak terjadi dan meresahkan perusahaan ride-sharing , memang sudah dipersiapkan dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Baik oleh pihak Grab ataupun Go-Jek. Sebagai perusahaan penyedia layanan ojek online ( ojol ) terbesar di Indonesia, Grab dan Go-Jek saat ini sudah memiliki ribuan mitra driver yang tersebar luas di berbagai wilayah di tanah air. Hampir semua wilayah di Indonesia sudah terjangkau oleh Grab dan Go-Jek.

Cara Melawan Tuyul Ojek Online

Dengan skema insentif atau bonus yang cukup menggiurkan, Grab dan Go-Jek berhasil membuat mitra driver mereka selalu memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Semakin banyak orderan yang berhasil diselesaikan, maka semakin besar pula insentif yang bisa didapat.

Namun sayang sekali, tidak semua driver ojol bekerja secara jujur. Hanya demi mendapatkan orderan sebanyak-banyaknya dan bonus maksimal, segelintir oknum driver sampai rela melakukan tindakan curang, yaitu menggunakan aplikasi Fake GPS atau yang biasa disebut “Tuyul”.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Tuyul?

Aplikasi Fake GPS ini berfungsi untuk memalsukan lokasi pengendara ojek online. Contohnya, Andri adalah driver Grab di lokasi A. Karena lokasi itu tidak begitu banyak peminat, maka Andri hanya mendapatkan sedikit orderan dan tidak bisa mencapai target untuk mendapatkan intensif.

Akhirnya, Andri memutuskan untuk memakai aplikasi Fake GPS dan mengubah lokasinya menjadi di lokasi B. Lokasi B membuatnya tidak pernah sepi order, karena dikenal sebagai kompleksnya pekerja kantoran dan banyak kantor yang berdiri di situ.

Baca juga:  Cukup Menggiurkan, Ini Dia Keuntungan Driver Go Car

Baca juga:

Sehingga, Andri berhasil mendapatkan banyak orderan dan intensif yang cukup besar.

Dari cerita singkat diatas kita bisa mengetahui, bagaimana curangnya aplikasi Fake GPS ini. Selain merugikan mitra driver yang jujur, namun juga merugikan konsumen. Pelanggan harus menunggu lebih lama, karena driver berada di lokasi yang berbeda.

Keberadaan aplikasi tuyul ini jelas membuat geram perusahaan transportasi online seperti Grab dan G0-Jek. Tidak menunggu lama, mereka sudah memiliki cara melawan tuyul ojek online yang sangat merugikan ini.

Cara Melawan Tuyul Ojek Online Oleh Grab

Menanggapi semakin banyaknya mitra driver yang bertindak curang, maka pihak Grab memutuskan untuk segera mengambil tindakan tegas demi keseimbangan di lingkungan kerja driver mereka. Grab tidak mau merugikan para driver yang bekerja dengan jujur dan penuh tanggungjawab.

Keberadaan aplikasi tuyul ojek online ini jelas-jelas membuat sebagian besar pengemudi mereka dirugikan. Karena setiap kali ada peluang orderan yang masuk dari calon konsumen terdekat, itu langsung diambil oleh oknum driver nakal yang menggunakan aplikasi Fake GPS.

Sebagai langkah awal untuk melawan tuyul ojek online, Grab mencanangkan sebuah gerakan yang disebut sebagai Grab melawan Optik ( Orderan Fiktif ).

Cara melawan tuyul Grab ini dilakukan dengan bantuan dari pihak Resersi Kriminal Umum. Kepolisian sudah mendalami kasus ini, guna menemukan bagaimana pola kecurangan yang sangat meresahkan itu.

Baca juga:  Cara Setting Pengaturan Hp Xiaomi Buat Aplikasi Grab Driver

Tidak hanya menggandeng pihak kepolisian, Grab juga menempatkan sejumlah engineer profesional di Singapura, Jakarta, Vietnam, Beijing dan  Bangalore yang diklaim bisa menemukan pola kecurangan dari aplikasi Fake GPS.

Cara kerja dari sistem Grab itu adalah membaca pola yang diciptakan oleh perangkat oknum driver nakal, pemilik tuyul ojek online.

Sebagai informasi tambahan, ternyata tindak kecurangan ini melibatkan dua pihak, dengan perannya masing-masing. Satu pihak akan berakting menjadi penumpang yang melakukan order, sedangkan pihak lain berpura-pura menjadi driver.

Nantinya, sistem Grab yang sudah disiapkan ini bertugas mencari keganjilan yang ada di orderan tersebut, sekaligus menangkan driver asli dan driver lainnya yang menyamar menjadi tuyul.

Ini adalah cara melawan tuyul Grab yang sangat cerdas dan efektif, perusahaan melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian dan memanfaatkan teknologi yang ada. Hasilnya, jumlah pengguna aplikasi fake GPS dan order fiktif menurun secara drastis.

Sehingga, jika Anda saat ini adalah driver Grab yang jujur, maka tidak perlu takut kalah saing dengan driver nakal pengguna fake GPS. Pihak Grab tidak akan tinggal diam dan segera memberantas persoalan ini.

Cara Melawan Tuyul Go-Jek

Tidak jauh berbeda dengan Grab, Go-Jek juga melakukan tindakan nyata untuk melawan tuyul ojek online yang semakin marak terjadi. Perbedaannya adalah cara melawan tuyul Go-Jek tidak melibatkan pihak kepolisian.

Sebagai langkah awal, Go-Jek melaksanakan sebuah program yang diberi tajuk #HapusTuyul. Tujuan dari program ini adalah membersihkan ekosistem Go-Jek dari oknum-oknum nakal yang tidak bertanggungjawab. Pada akhirnya, Go-Jek ingin mitra driver mereka bekerja dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Baca juga:  Bagaimana Cara Pembayaran GrabFood untuk Driver? Simak

Apakah cara melawan tuyul Go-Jek hanya cukup dengan program #HapusTuyul? Tentu saja tidak, program ini dilanjutkan dengan penggunaan sistem keamanan.

Sistem keamanan Go-Jek diklaim bisa mendeteksi setiap driver yang memakai aplikasi fake GPS.  Sistem tersebut terdiri dari langkah-langkah antisipasi yang bisa mendeteksi dan mengirimkan pesan peringatan kepada driver yang menyamar sebagai tuyul ojek online.

Dalam hal pemberian sanksi, pihak Go-Jek tidak langsung menjatuhkan hukuman kepada driver yang ketahuan memakai aplikasi fake GPS. Namun, sistem Go-Jek akan mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada oknum driver yang nakal. Hal ini dilakukan, karena sistem Go-Jek menemukan adanya transaksi tidak wajar.

Apabila sudah diberi peringatan namun mitra driver tetap nekat memakai aplikasi fake GPS dan tidak segera menghapusnya, maka Go-Jek akan memberikan sanksi berupa suspend akun. Jika oknum driver masih nekat, maka Go-Jek melakukan pemutusan kerjasama dan bonus di akun pengemudi secara otomatis hangus.

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai cara melawan tuyul ojek online yang dilakukan oleh Grab dan Go-Jek. Keduanya sama-sama bagus, dengan kebijakan masing-masing. Jika merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa share kepada teman-teman Anda.

Dengan mengetahui bahaya penggunaan fake GPS atau tuyul ojek online, semoga bisa meningkatkan kesadaran teman-teman ojol semua agar menghindari tindakan curang.