Cara Melihat Feedback Customer Gojek Anda

Pada aplikasi ojek online, seperti Gojek, penumpang bisa memberikan feedback usai diantarkan oleh pengemudi. Feedback ini dapat berupa rating yang dimulai dari bintang 1-5 dan komentar tambahan dari penumpang. Selain itu, jika saldo gopay masih ada, penumpang juga dapat memberi tip. Bagi Anda para pengemudi dan penasaran dengan feedback customer, berikut ulasan terkait cara melihat feedback customer Gojek.

Cara Melihat Feedback Customer Gojek

Langkah-langkah Cara Melihat Feedback Customer Gojek

  1. Unduh Aplikasi Melalui Google Play Store

Aplikasi Gojek untuk driver cukup ringan ketika dipasang di smartphone. Aplikasi bisa didapatkan secara gratis di Google Playstore. Setelah itu log in dengan akun yang sudah Anda buat untuk menggunakan aplikasi ini.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan order dari berbagai servis yang diberikan Gojek, seperti Go-Ride, Go-Food, Go-Market, Go-Send, dan lainnya. Setiap order memiliki poinnya masing-masing. Sebagai contoh Go-Ride, memiliki satu poin pada sekali order, dan Go-Food memiliki dua poin pada sekali order.

  1. Melihat Performa

Jika sudah berhasil masuk di aplikasi Gojek Driver, selanjutnya adalah masuk menu Performa. Melalui menu tersebut akan tampak bagaimana kinerja dari pengemudi. Feedback dari penumpang, baik itu rating dan komentar bisa dilihat di menu ini. Penilaian dari penumpang ini dapat juga digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pengemudi.

Rating yang didapat setidaknya 4,3. Jika rating driver lebih rendah dari itu, maka posisi driver bisa terbilang tidak aman. Hal tersebut menyebabkan pihak Gojek bisa memberikan sanksi kepada mitra pengemudi.

Baca juga:

Untuk pelanggaran ringan yang dilakukan oleh pengemudi, sanksi mungkin berupa pembekuan akun (suspend). Namun untuk pelanggaran yang berat, sanksi yang diberikan bisa sampai dikeluarkan dari mitra driver Gojek.

Cara melihat feedback customer Gojek bisa sekali diterapkan sebagai bahan evaluasi. Namun ketika sudah memberikan servis yang maksimal dan pengguna belum memberikan feedback, apa yang harus dilakukan?

Cara Meminta Feedback Kepada Customer yang Lupa atau Tidak Tahu

Tidak menutup kemungkinan Anda sebagai pengemudi akan bertemu penumpang yang kurang memahami perihal itu. Cara yang paling tepat ketika terjadi demikian adalah mengingatkan pelanggan untuk memberikan feedback. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Di menu Performa, pilih submenu Rating. Nanti akan muncul data dari pelanggan yang telah telah dilayani. Di antara data pelanggan tersebut, carilah pelanggan dengan keterangan “Belum Memberikan Feedback”.
  2. Klik data pelanggan tersebut sehingga muncul informasi detail dari pelanggan tersebut. Informasi tersebut berupa nama pelanggan dan nomor handphone
  3. Anda bisa mengirimkan SMS ke nomor pelanggan yang belum memberikan feedback Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang sopan sehinngga pelanggan juga tetap merasa nyaman.
  4. Jika pelanggan belum mengerti bagaimana caranya untuk memberikan feedback, berilah arahan untuk memberikan feedback

Bagimana untuk menghitung rating dari driver Gojek? Terdapat aturan tersendiri untuk menghitung rating dari pengemudi. Penghitungan ini dihitung dari 25 order terakhir yang diterima. Sebagai contoh, dari 25 orderan diperoleh rating 5 pada 18 orderan, dan rating 4 pada 7 orderan. Maka hasilnya:

5 (rating) x 18 (orderan) = 90

4 (rating) x 7 (orderan) = 28

Jumlah Rating: 90 + 28 = 118

Hasil Akhir: 118 : 25 = 4,72.

Pentingnya Suatu Feedback Customer Bagi Driver Gojek

Bagi seorang pengemudi, feedback dari pelanggan sangat penting, karena itu bisa dianggap sebagai penentu karirnya. Seperti dijelaskan di atas bahwa sistem Gojek yang memperhitungkan performa mitranya dengan sistem rating, maka efek dari sisitem tersebut, driver yang ratingnya rendah akan terancam diputus kerjasamanya.

Namun demikian tidak setiap pelanggan atau customer paham tentang hal ini. Ada juga customer yang tahu tapi cenderung sadis atau terlalu rewel. Mereka memberikan komentar bagus, tapi hanya memberi 1 atau 2 bintang. Repot kan? Oleh karena itu sebagai driver usahakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Berikan edukasi tentang pentingnya rating dan komentar positif dari pelanggan untuk Anda.

Jangan lupa baca:

Baca juga:

Persoalan feedback ini memang jadi semacam sisi rumit dari sebuah sistem yang mengandalkan data dari aplikasinya. Sebuah sistem yang dibuat manusia, namun kadang malah merepotkan manusia yang memakainya. Pasalnya, tidak setiap pelanggan memahami bahwa kepuasan atas layanan harus diekspresikan dengan memberikan bintang pada perangkingan driver. Karena Anda yang memang membutuhkan sekali rating ini, maka berusahalah agar konsumen atau pelanggan Anda bisa mengerti.

Setelah mengetahui cara melihat feedback customer Gojek ini, semoga kinerja Anda sebagai pengemudi bisa semakin maksimal. Selamat bekerja.

Cara Melihat Feedback Customer Gojek Anda | Kerja Mudah | 4.5