Tutorial Praktis Cara Menerima Orderan Gojek, Buat Pemula!

Driver Gojek kini menjadi trend baru yang cukup menggiurkan. Terbukti banyak orang yang beramai-ramai mendaftarkan diri sebagai driver Gojek. Tidak heran, Gojek sebagai aplikasi ojek online memang terlanjur menjamur di masyarakat. Fenomena ini tidak terlepas dari beragam layanan dan kemudahan yang ditawarkan. Jika Anda adalah seorang driver baru, apakah Anda tahu cara menerima orderan Gojek?

Ketika memutuskan untuk bergabung sebagai driver Gojek, konsekuensi yang harus Anda terima adalah mempelajari segala hal mengenai pekerjaan tersebut. Salah satunya adalah bagaimana cara mengoperasikan aplikasi. Tanpa aplikasi Gojek, Anda tidak dapat menjalankan ojek online. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus mempelajari cara menggunakan aplikasi tersebut.

Mengenal Aplikasi Gojek Driver

Cara benar menerima orderan gojek

Pada dasarnya, aplikasi Gojek dikembangkan secara khusus untuk mempermudah pengguna baik pengemudi maupun penumpang. Meskipun demikian, aplikasi untuk keduanya cenderung berbeda karena fitur yang dibutuhkan juga berbeda. Aplikasi Gojek driver dibuat untuk menerima order sementara aplikasi penumpang dirancang untuk melakukan order.

Baca juga:

Anda adalah seorang driver Gojek baru? Tentu Anda perlu mengenal lebih jauh mengenai cara menggunakan aplikasi Gojek untuk driver. Sebenarnya aplikasi tersebut sangat mudah untuk digunakan. Perhatikan istilah-istilah yang terdapat dalam aplikasi Gojek berikut ini.

1. Login

Pertama kali membuka aplikasi, Anda akan dihadapkan pada pilihan login. Ketika menekan tombol login, pilih akun yang ingin Anda gunakan dan masukkan password. Ketika sudah berhasil login, Anda akan melihat berbagai fitur yang tersedia untuk menunjang kemudahan Anda dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang driver.

2. Status

Setelah login, Anda akan melihat beberapa tampilan, salah satunya adalah Status. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan pilihan yang satu ini. Ketika Anda telah siap bekerja, maka pasang status Aktif. Apabila Anda ingin pulang, jangan lupa untuk menonaktifkan status driver tersebut.

3. Auto bid

Yang dimaksud dengan auto bid adalah menerima order secara otomatis. Fitur auto bid ini juga dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Apabila diaktifkan, berarti Anda siap menerima order kapan saja dan di mana saja tanpa pilih-pilih tujuan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Auto bid juga bermanfaat untuk merespon order dari penumpang secara cepat. Anda tidak perlu standby di depan ponsel setiap saat demi berjaga-jaga apabila ada order masuk. Aplikasi akan menerima order secara otomatis meskipun Anda sedang tidak dalam posisi standby di depan layar smartphone.

4. Performa driver

Dalam aplikasi Gojek, Anda juga akan menemukan performa driver yang ditunjukkan dalam bentuk persentase. Performa driver berhubungan dengan jumlah order yang masuk serta jumlah order yang Anda kerjakan. Semakin sering Anda menerima order, semakin besar pula persentase performa yang Anda miliki.

5. Poin

Poin merupakan hal yang sering menjadi perhatian para driver. Aplikasi Gojek menerapkan target poin, di mana Anda akan mendapatkan insentif apabila memenuhi jumlah poin tertentu.

Tutorial Cara Menerima Orderan Gojek

Setelah mengetahui berbagai istilah dalam aplikasi Gojek beserta fungsinya, kini saatnya untuk belajar cara menerima order dari penumpang. Perlu diperhatikan, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri sebelum menerima orderan. Maksudnya, Anda siap untuk meluncur menuju lokasi penjemputan segera setelah menerima order agar penumpang tidak menunggu terlalu lama.

Untuk menerima orderan, ikuti langkah-langkah praktis berikut ini:

1. Pastikan Anda telah membuka aplikasi dan telah mengaktifkan status driver.
2. Ketika ada order dari penumpang, Anda akan menerima notifikasi. Anda juga akan melihat detail tujuan serta jarak tempuh yang akan dituju oleh penumpang.
3. Apabila setuju dan ingin mengambil order, tekan Ambil Booking. Setelah menerima order, sangat disarankan untuk menghubungi penumpang dengan tujuan memastikan pesanan. Anda juga bisa menanyakan detail lokasi penjemputan agar tidak memakan waktu lama.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Yang telah dijelaskan di atas adalah cara yang sangat mudah untuk menerima orderan Gojek. Yang perlu Anda lakukan hanya menekan Ambil Booking kemudian mendatangi penumpang. Meskipun demikian, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan demi memastikan kenyamanan penumpang.

1. Komunikasi

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan oleh driver adalah berkomunikasi secara baik dengan penumpang. Tanyakan perihal lokasi penjemputan, ciri-ciri penumpang atau detail lokasi yang diinginkan. Apabila lokasi Anda cukup jauh dari penumpang, tanyakan apakah penumpang bersedia untuk menunggu. Dengan demikian, Anda tidak membuat penumpang menunggu terlalu lama.

2. Sapa dengan ramah

Sebagai driver Gojek, Anda perlu menunjukkan sikap yang sopan dan ramah. Sapa penumpang ketika tiba di lokasi penjemputan. Dengan demikian, penumpang akan merasa nyaman telah menggunakan jasa Anda.

Setelah mengetahui cara menerima order, apakah Anda siap untuk mempraktekkannya? Jangan lupa untuk mencari lokasi yang strategis agar mendapat banyak order dari penumpang. Pastikan juga Anda telah mengaktifkan status driver sehingga dapat menangkap orderan.

Tutorial Praktis Cara Menerima Orderan Gojek, Buat Pemula! | Kerja Mudah | 4.5