Bagaimana Cara Mengatasi Heat Map Grab tidak Muncul?

Bagi mitra pengemudi Grab, heat map sangat bermanfaat. Grab memang menyediakan heat map di aplikasinya untuk membantu mitra pengemudi menemukan lokasi dengan banyak penumpang. Hal ini tentu membantu mitra pengemudi untuk meningkatkan penghasilannya. Pantaslah ketika ada masalah dengan heat map, para driver segera berusaha bagaimana cara mengatasi heat map Grab tidak muncul, agar bisa segera mencari orderan dengan tepat. Tulisan kali ini akan mengulas hal tersebut. Tutorial cara mengatasi heat map Grab tidak muncul ini terbilang mudah. Hanya saja, sebelum membahas cara mengatasi Heat map Grab tidak muncul, pastikan Anda tidak sedang panik akibat kehilangan fitur tersebut. Sehingga berbagai informasi berikut ini akan mudah Anda cerna.

 Cara Mengatasi Heat Map Grab tidak Muncul

Pentingnya Heat Map Bagi Driver Grab

Keberadaan Heat Map sangat penting bagi para driver yang ingin mengais rezeki lebih banyak. Mereka bisa tahu di mana lokasi seharusnya mangkal dan mencari customer. Lain halnya jika tak menggunakan fitur ini, maka sulit mengetahui lokasi mana yang kemungkinan besar banyak penumpang.

Bagi para pengendara tipe jemput bola, tentu heat map adalah senjata andalan agar orderan lancar. Pantaslah ketika heat map tidak muncul, mereka akan kebingungan, dan berusaha mencari cara mengatasi heat map Gra[ tidak muncul tersebut. Namun lain lagi jika driver tipe menunggu bola atau memang sudah punya langganan tetap. Mungkin saja fitur ini tidak terlalu mereka anggap penting, karena orderan setiap hari sudah bisa dipastikan. Nah, Anda termasuk yang mana?

baca juga:

Yang perlu digaris bawahi, ternyata fitur heat map ini tidak semua wilayah memilikinya. Pada kawasan tertentu bisa saja memang aplikasi Anda tidak menampilkan heat map karena sistem Grab belum mengadakannya untuk daerah Anda.

Cara Mengaktifkan Heat Map Grab

Untuk memastikan bahwa aplikasi tidak ada masalah, silakan ikuti langkah-langkah untuk cara mengaktifkan heat map berikut ini.

  1. Heat map ini tersedia di aplikasi Grab Driver versi terbaru, sehingga pastikan bahwa Anda telah memperbarui aplikasinya. Jika belum, maka perbarui dulu aplikasi Grab Driver Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan klik “Masuk” untuk masuk ke akun driver grab.
  3. Kembali lagi ke Google Playstore untuk mengunduh aplikasi pendukung lainnya, yaitu “GPS Data – location status fix”. Aplikasi tambahan berguna untuk membantu akurasi GPS milik driver. Bukan berarti heat map tidak bisa memberi GPS yang akurat, tetapi dengan bantuan aplikasi ketiga ini akan menjadi lebih maksimal.
  4. Kembali lagi ke Grab Driver dan buka peta driver. Aktifkan fitur heat map dengan memilih on yang ada tepat di atas map. Jika fitur heat map sudah aktif, akan terdapat perbedaan tampilan di aplikasi Grab Driver tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Heat Map Grab Tidak Muncul

Sebelum mengulas cara mengatasi heat map Grab tidak muncul, tentu harus tahu dulu penyebabnya. Dengan begitu akan bisa ditentukan langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan. Nah, beberapa hal bisa berikut ini bisa menyebabkan masalah tidak munculnya heat map.

  • GPS tidak akurat

Tidak selamanya data GPS yang ditampilkan pada heat map itu akurat. Terkadang terjadi juga Google Map yang sudah ditandai berbagai warna itu tidak akurat. Tentu saja ini membuat driver salah sasaran dan terbilang merugikan. Cara mengatasi heat map Grab tidak muncul karena GPS yang tidak akurat adalah sebagai berikut.

  1. Periksa Google Map dan lihat apakah lokasi Anda sesuai. Jika lokasi sudah sesuai, artinya GPS tidak bermasalah . Namu jika tidak, periksa kembali pengaturan di smartphone dan pilihlah Akurasi Tinggi.
  2. Perbarui aplikasi Google Map agar lebih akurat dan terkini.
  3. Selama 5 menit, ubah ponsel ke mode pesawat.
  4. Saat sudah 5 menit, matikan mode pesawat dan coba kembali aplikasi Grab Driver Anda.
  5. Bila tidak ada perubahan, boleh jadi masalahnya ada pada ponsel Anda. Sebaiknya mencoba aplikasi Grab Driver di ponsel lain dan lakukan login seperti biasa. Namun cara ini tidak boleh dilakukan berulang kali karena bisa membuat pihak Grab membekukan akun Anda.
  • Belum menggunakan aplikasi terbaru

Ada atau tidaknya tombol heat map Grab berkaitan dengan pembaruan aplikasi. Kalau GPS sudah sesuai dan menggunakan Akurasi Tinggi, namun heat map masih belum ada, mungkin karena aplikasinya belum diperbarui. Karena itu, Anda harus secara berkala mengecek pembaruan di Google Play Store terkait versi terbaru dari Grab. Biasanya tombol heat map akan muncul secara otomatis jika aplikasi sudah diperbarui.

Ternyata tidak sulit bukan cara mengatasi heat map Grab tidak muncul? Sekarang, Anda tidak perlu panik lagi jika suatu waktu mengalami kejadian seperti ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Heat Map Grab tidak Muncul? | Kerja Mudah | 4.5