Cara Mengetahui Nomor Driver Grab Saat Barang Tertinggal

Ketika barang bawaan tertinggal di mobil Grab Car, hal pertama yang terpikir tentunya menghubungi pengemudi. Namun, karena layanan ini menggunakan aplikasi, banyak yang mencari informasi cara mengetahui nomor driver Grab. Adanya kebijakan Grab dalam melindungi privasi penumpang dan pengemudi membuat nomor ponsel tidak muncul pada aplikasi. Sehingga Anda perlu mempelajari cara mengetahui nomor driver Grab. Ikuti ulasan ini untuk mendapatkan cara mengetahui nomor driver Grab dengan mudah.

Cara Mengetahui Nomor Driver Grab

Fitur Grab untuk Melindungi Privasi

Grab adalah perusahaan transportasi online yang berbasis di Malaysia dan Singapura. Produk Grab beragam, meliputi Grab Bike, Grab Car, Grab Taxi, Grab Express, Grab Food, hingga Grab Hitch Car. Peningkatan layanan Grab termasuk privasi antara penumpang dan pengemudi. Sejak tahun 2016, Grab menerapkan sistem pemesanan baru. Sebelumnya, driver dan penumpang berkomunikasi lewat nomor ponsel untuk menjalankan orderan seperti melacak lokasi, janji bertemu di lokasi tertentu, dan lain-lain. Mereka menggunakan fasilitas aplikasi chat seperti Whats App, SMS, atau panggilan telepon untuk saling berhubung. Sehingga cara mengetahui nomor driver Grab dulu begitu mudah.

Baca juga:

Hal ini menimbulkan beberapa ketidaknyamanan. Mulai dari biaya SMS dan telepon yang membuat biaya perjalanan bertambah hingga penyalahgunaan nomor ponsel oleh driver atau sebaliknya. Keluhan tentang ketidaknyamanan tersebut ditanggapi oleh Grab dengan meluncurkan fitur chat antara driver dan penumpang. Cara menghubungi Grab ini membuat komunikasi antara pengemudi dan penumpang menjadi lebih efisien. Fitur tersebut dilengkapi dengan Quick Reply berisi template pesan, sehingga pengguna tidak perlu mengetik teks.

Dengan adanya fitur cara menghubungi Grab, pengguna aplikasi Grab tidak dapat lagi berkomunikasi dengan nomor ponsel. Pasalnya nomor ponsel kedua pihak tidak lagi ditampilkan seperti sebelumnya. Catatan percakapan pun akan terhapus secara otomatis setelah order selesai.

Cara Mengetahui Nomor Driver Grab

Cara mengetahui nomor driver Grab biasanya ditanyakan oleh penumpang yang mengalami masalah seperti barang yang tertinggal atau terbawa dari kendaraan. Meskipun nomor ponsel tidak ditampilkan

dalam aplikasi, masih ada cara untuk mengetahui nomor pengemudi Grab.

Cara melacak pengemudi Grabcar, buka aplikasi Grab. Kemudian tekan tombol Menu berupa ikon tiga garis di sudut kiri atas. Setelah itu pilih Riwayat, kemudian pilih perjalanan yang sudah dilakukan di mana Anda memperkirakan barang tertinggal. Di sana terlihat gambar telepon di sebelah foto driver Grab. Tekan tombol itu untuk langsung terhubung dengan driver Grab yang baru saja mengantar Anda. Nomor Anda akan disamarkan pada ponsel pengemudi untuk melindungi privasi.

Tombol panggilan tersebut hanya akan terlihat selama 48 jam setelah perjalanan selesai. Waktu ini memungkinkan penumpang menghubungi driver kembali untuk menyelesaikan urusannya, ketika sampai di tempat tujuan. Apabila perlu menghubungi driver setelah 48 jam karena baru ingat atau baru memeriksa barang Anda. Dapat menggunakan cara menghubungi Grab untuk memperoleh bantuan. Melalui situs resminya, Grab akan memberikan formulir yang harus diisi dengan data, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan rincian barang yang tertinggal. Jika barang Anda dijumpai oleh pengemudi, dapat disepakati waktu dan tempat untuk bertemu.

Dalam keterangan di situs resminya, CS Grab menyatakan berusaha membantu semaksimal mungkin. Akan tetapi, baik Grab maupun driver tidak bertanggungjawab atas barang yang tertinggal atau rusak setelah selesai menggunakan jasa mereka. Dengan menekan tombol Kirim atau Hubungi Kami pada situs Grab, artinya Anda setuju memberikan data pribadi untuk keperluan pengembalian barang yang diperkirakan tertinggal di kendaraan mitra Grab.

Manfaat Privasi Nomor Driver dan Penumpang

Ada beragam manfaat diprivasinya nomor pengemudi maupun penumpang dalam aplikasi Grab. Mulai dari hemat biaya pulsa, kemudahan komunikasi selama proses pemesanan jasa, hingga soal keamanan.

Ya, soal keamanan memang sering jadi masalah ketika dulu nomor masing-masing pihak masih bisa dilihat. Baik itu driver maupun customer sama-sama ada oknum yang membuat tidak nyaman. Kadang ada customer yang usil, rewel yang bisa saja meneror hingga melecehkan para driver. Sebaliknya, kalangan driver pun ada saja oknum yang membuat penumpang merasa kurang nyaman karena ada modus PDKT.

Itulah cara mengetahui nomor driver Grab untuk Anda yang perlu menghubungi mereka karena barang tertinggal. Untuk menghindari kerepotan karena masalah tersebut, sebaiknya periksa barang bawaan Anda sebelum meninggalkan kendaraan Grab.

Cara Mengetahui Nomor Driver Grab Saat Barang Tertinggal | Kerja Mudah | 4.5