Cara Mudah Mengetahui Saldo Tunai dan Kredit Grab

Menekuni profesi baru sebagai seorang pengemudi online memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Di sisi lain, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari terkait sistem kerja atau sistem pembayaran yang diberlakukan. Jika Anda adalah seorang driver Grab, penting untuk mempelajari cara mengetahui saldo kredit Grab.

Seorang Mitra Pengemudi Grab pasti mempunyai saldo kredit dan saldo tunai yang tersimpan dalam fitur Dompet. Fitur tersebut memudahkan Anda untuk mengecek berapa jumlah saldo yang Anda miliki sehingga dapat menentukan kapan untuk memindahkan dana ke rekening untuk pencairan. Berikut ini penjelasan mengenai saldo kredit Grab dan cara untuk mengetahuinya.

Cara mengetahui saldo kredit dan tunai grab

Perbedaan Dompet Tunai dan Dompet Kredit

Sebelum mengetahui cara mengecek saldo kredit Grab, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan saldo kredit grab. Ketika bergabung menjadi Mitra Pengemudi Grab, Anda akan menjumpai fitur Dompet Tunai dan Dompet Kredit. Meskipun sama-sama berfungsi untuk menyimpan saldo, ada perbedaan yang mendasar dari kedua jenis dompet tersebut.

1. Dompet Tunai

Dompet Tunai merupakan fitur yang memungkinkan Mitra Pengemudi untuk mengetahui saldo dari seluruh order pembayaran menggunakan GrabPay. Ketika perjalanan diselesaikan, pembayaran yang dilakukan dengan GrabPay akan masuk ke dalam Dompet Tunai. Order promo juga akan dimasukkan ke dalam Dompet Tunai yang Anda miliki.

Baca juga:

Setiap pengemudi dapat melakukan pencairan dana atau top up Dompet Kredit melalui Dompet Tunai. Dengan saldo yang terdapat dalam dompet Tunai, Anda dapat memindahkan dana tersebut ke Dompet Kredit atau biasa disebut sebagai top up. Atau, Anda juga bisa memindahkan dana ke rekening CIMB Niaga untuk melakukan pencairan.

2. Dompet Kredit

Ketika menerima order, setiap pengemudi akan dikenakan potongan bagi hasil yang dihitung dari total tariff yang dibayarkan oleh penumpang. Setiap order yang Anda terima akan membuat saldo kredit terpotong secara otomatis. Jika Anda terbukti melakukan pelanggaran, maka denda juga akan dipotong dari saldo Dompet Kredit yang Anda miliki.

Perlu diketahui bahwa saldo kredit Grab mempunyai batas minimal. Apabila saldo kredit Anda habis atau berjumlah kurang dari Rp 10 ribu, maka Anda tidak bisa menerima order. Untuk mengisi saldo kredit, Anda bisa melakukan top up di Alfamart, Circle K, Pegadaian, atau memindahkan dana dari Dompet Tunai.

Tutorial Cara Mengetahui Saldo Kredit Grab

Kebijakan tidak bisa menerima order apabila saldo kredit di bawah Rp 10 ribu tentu saja membuat Anda harus mengecek jumlah saldo tersebut secara berkala. Tentu saja akan sangat merugikan apabila Anda tidak dapat menerima pekerjaan hanya dikarenakan saldo kredit yang tidak mencukupi.

Bagaimana cara untuk mengetahui jumlah saldo kredit Grab? Cara mengecek saldo kredit sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Grab dan masuk ke akun Anda.
2. Tekan “Menu” dengan simbol titik tiga pada bagian pokok kiri atas.
3. Pilih “Dompet”.
4. Pada layar, Anda akan melihat Dompet Kredit dan Dompet Tunai yang dimiliki oleh akun Anda.
5. Periksa nominal yang tertera pada layar sesuai dengan kriteria, yaitu Dompet Kredit.
6. Jumlah yang tertera adalah saldo kredit Grab yang Anda miliki.

Sangat mudah bukan? Setelah mengetahui jumlah saldo kredit Grab, Anda bisa menentukan apakah Anda membutuhkan top up atau tidak. Jika saldo kredit sudah berada di ambang bawah, segera lakukan isi ulang agar Anda tetap bisa mengambil order dari penumpang.

Cara Memindahkah Dana dari Dompet Tunai ke Kredit

Saldo Dompet Kredit merupakan hal yang sangat penting bagi Mitra Pengemudi Grab agar tetap bisa melakukan pekerjaan. Bagaimana jika saldo kredit tersebut hampir habis dan Anda tidak bisa menemukan lokasi top up? Tidak perlu khawatir. Selama masih mempunyai jaringan internet, Anda dapat melakukan top up tanpa pergi kemanapun. Hanya bermodalkan smartphone, saldo kredit Anda bisa bertambah.

Cara yang dimaksud adalah dengan memindahkan saldo dari Dompet Tunai ke Dompet Kredit. Cara ini dirasa cukup efektif bagi para pengemudi online karena tidak perlu melakukan top up di tempat-tempat tertentu seperti Alfamart atau Pegadaian. Memindahkan saldo dari tunai ke kredit cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Grab, kemudian masuk ke akun Anda.
2. Tekan “menu” pada bagian pojok kiri atas, kemudian pilih Dompet.
3. Anda akan melihat dua pilihan yaitu Dompet Kredit dan Dompet Tunai. Nominal yang tertera adalah jumlah saldo pada masing-masing dompet yang Anda miliki.
4. Pilih Kredit, tekan “Top-up dengan akun”
5. Layar smartphone Anda akan menampilkan pilihan jumlah saldo dan metode pembayaran yang Anda inginkan.
6. Masukan nominal top-up yang Anda kehendaki, kemudian pastikan untuk memilih Saldo Tunai sebagai metode pembayaran.
7. Tekan Selesai atau Next. Setelah itu akan muncul layar konfirmasi. Tekan “Konfirmasi” untuk melanjutkan proses top-up.
8. Layar akan menunjukkan bahwa Anda telah sukses melakukan top up. Saldo Dompet Tunai akan terpotong secara otomatis dan Dompet Kredit Anda akan bertambah.

Cara ini terbilang sangat mudah dan efisien karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama Anda mempunyai jaringan internet. Dengan memastikan jumlah saldo kredit yang dimiliki, Anda bisa menerima order dengan leluasa tanpa perlu khawatir kehabisan saldo.

Cara Mencairkan Dana dari Dompet Tunai

Tidak hanya melakukan top up menggunakan Dompet Tunai, Mitra Pengemudi juga dapat melakukan pencairan dana melalui rekening Bank CIMB Niaga. Hal ini semakin menambah efisiensi akun Grab driver sehingga mempermudah Mitra Pengemudi untuk mengambil uang melalui rekening Bank. Berikut cara mudah memindahkan saldo Dompet Tunai ke rekening CIMB.

1. Buka aplikasi Grab, masuk ke akun Anda.
2. Tekan ikon menu, kemudian pilih Dompet. Tekan Tunai dengan jumlah saldo yang tertera.
3. Layar akan menampilkan saldo Tunai Anda dengan beberapa list pilihan di bawah. Tekan pilihan Pindah ke akun.
4. Isikan nominal sesuai dengan jumlah yang ingin Anda kirimkan ke rekening Bank.
5. Pada Anda memilih pindah uang ke akun bank. Kemudian tekan Berikutnya.
6. Akan muncul layar konfirmasi, tekan Konfirmasi.
7. Pemindahan uang telah berhasil. Saldo tunai Anda akan terpotong secara otomatis dan saldo rekening Anda akan bertambah.

Kehadiran akun driver Grab mempermudah Mitra Pengemudi dalam menjalankan pekerjaannya. Meskipun terasa sedikit rumit, namun Anda akan terbiasa setelah menggunakannya selama beberapa waktu. Pastikan saldo kredit pada akun Grab Anda tidak berada di bawah batas dengan melakukan pengecekan secara rutin.

Cara mengecek saldo kredit Grab sangatlah mudah melalui akun yang Anda miliki. Selain mengetahui saldo kredit, Anda juga bisa melakukan top up saldo kredit menggunakan Dompet Tunai. Melakukan pemindahan dana ke rekening Bank juga bisa Anda lakukan melalui akun tersebut.

Cara Mudah Mengetahui Saldo Tunai dan Kredit Grab | Kerja Mudah | 4.5