Tutorial Praktis Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver

Belakangan ini, aplikasi ojek online seperti Grab semakin banyak diminati. Karyawan perusahaan yang merasa kurang nyaman dengan tempatnya bekerja berbondong-bondong mengundurkan diri dan memilih untuk menekuni profesi baru sebagai pengemudi online. Jika Anda ingin menjadi mitra driver Grab, Anda perlu memahami cara menggunakan aplikasi Grab driver.

Meskipun menggunakan aplikasi Grab terbilang mudah, Anda yang kurang update dengan perkembangan teknologi bisa saja menemukan kesulitan dalam mengoperasikannya. Mungkin Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika ada orderan yang masuk dari penumpang. Alih-alih menerima, bisa jadi Anda justru menolaknya. Alhasil, Anda gagal menghasilkan pundi-pundi uang.

Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver: Log in dan Mendapatkan Order

Untuk Anda yang baru bergabung dengan Grab dan sedang belajar cara menggunakan aplikasi untuk driver, tutorial di bawah ini bisa sangat bermanfaat. Anda akan mengetahui bagaimana cara untuk log in aplikasi, cara mendapatkan orderan, cara menerima orderan, hingga cara log out dari aplikasi. Temukan panduan lengkap menggunakan aplikasi Grab driver berikut ini.

Cara memakai aplikasi grab driver

Untuk bisa menggunakan aplikasi Grab, tentu saja Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Dapatkan aplikasi Grab di Play Store secara gratis. Setelah setelah mengunduh, biasanya aplikasi akan terinstall secara otomatis pada perangkat smartphone Anda. Ketika proses instalasi selesai, Anda bisa memulai langkah-langkah berikut untuk log in aplikasi.

1. Buka aplikasi Grab Driver
2. Tekan Setuju
3. Lakukan login menggunakan akun Google
4. Pilih Grab Id atau akun Google yang telah Anda daftarkan
5. Proses log in selesai dan Anda sudah dapat mengakses aplikasi tersebut.

Setelah berhasil login, Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan. Pada ikon menu, Anda akan menemukan berbagai fitur seperti riwayat, dompet, tujuan, bantuan, dan lain sebagainya. Setiap fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah pekerjaan Anda sebagai seorang pengemudi online.

Baca juga:

Sebagai contoh, fitur riwayat memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa saja penumpang yang telah menggunakan jasa Anda dan kemana tujuannya. Sedangkan fitur Dompet memudahkan Anda untuk mengecek jumlah saldo, baik Kredit maupun Tunai. Dengan demikian, Anda bisa tahu kapan harus melakukan top up atau pemindahan dana ke rekening Bank untuk pencairan.

Selanjutnya, mencari penumpang…

Jika Anda telah memasuki aplikasi, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari penumpang. Anda tidak akan mendapatkan penumpang secara otomatis hanya dengan login ke aplikasi. Anda perlu mengaktifkan tombol power agar terdeteksi sehingga bisa menangkap orderan dari penumpang. Bagaimana caranya? Ikuti langkah mudah berikut ini:

1. Masuk (login) ke aplikasi Grab Driver

2. Aktifkan aplikasi grab dengan cara:

– Tekan tombol power yang ada di bagian tengah atas hingga berwarna hijau.
– Tekan tombol idle pada pojok kanan atas hingga berwarna hijau.

3. Akun Grab Drive Anda sudah aktif dan siap menerima orderan.

Setelah mengaktifkan aplikasi Grab Drive, Anda hanya perlu menemukan lokasi yang cukup ramai penumpang. Dengan mendatangi lokasi tersebut, Anda bisa mendapatkan penumpang dengan lebih mudah. Beberapa tempat yang cukup prospektif untuk mencari orderan adalah pasar, area perkantoran, sekolah, bandara, stasiun, kampus, dan tempat umum lainnya terutama pada jam-jam sibuk.

Yang perlu Anda perhatikan, beberapa lokasi mungkin tidak mengizinkan pengemudi ojek online untuk mengambil penumpang. Sebagai contoh, stasiun maupun bandara mempunyai aturan khusus mengenai ojek online yang ingin mengambil order di area tersebut. Patuhi aturan yang berlaku dengan berada pada jarak yang diperbolehkan sehingga Anda tidak mendapat masalah.

Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver: Menerima Order dan Log Out

Anda telah berhasil login dan mengaktifkan akun Grab Driver sehingga siap menerima order. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara menerima order dari penumpang. Mitra driver Grab baru mungkin kurang memahami bagaimana cara untuk menerima order yang masuk. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk menerima order.

1. Login aplikasi Grab Driver dan aktifkan aplikasi
2. Ketika ada order masuk, tekan Terima Pekerjaan
3. Tekan Mulai ketika Anda sudah tiba di lokasi penjemputan dan telah menaikkan penumpang
4. Tekan Selesai ketika sudah sampai tujuan dan penumpang telah membayar.

Sangat mudah bukan? Setelah menyelesaikan satu pekerjaan, Anda akan mendapatkan tambahan 1 poin untuk mendapatkan target insentif. Lakukan langkah yang sama setiap kali Anda menerima orderan dari penumpang dan poin Anda akan bertambah secara otomatis.

Bagaimana jika Anda telah lelah dan memutuskan untuk pulang? Tidak perlu khawatir. Agar aplikasi Grab Driver Anda tidak terus menerus menangkap orderan, Anda perlu keluar dari aplikasi tersebut. Cara untuk log out sama mudahnya dengan cara login. Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk logout dari aplikasi.

1. Buka aplikasi Grab Driver.
2. Tekan ikon menu pada pojok kiri atas aplikasi Anda
3. Tekan Profil Driver
4. Pilih Log Out
5. Anda berhasil log out.

Setelah melakukan log out, otomatis akun Anda tidak dapat menangkap order dari penumpang sehingga Anda bisa pulang dan beristirahat. Untuk mengaktifkan kembali, ikuti langkah seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pada dasarnya, aplikasi Grab Driver dikembangkan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna dari berbagai kalangan untuk mengaksesnya. Meskipun Anda kurang update dan sangat tidak familiar dengan gadget, Anda bisa memahami langkah-langkah tersebut hanya dengan beberapa kali latihan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa untuk mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi Grab.

Tutorial Praktis Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver | Kerja Mudah | 4.5