Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Grabbike Driver

Grab sebagai salah satu aplikasi ojek online di Indonesia berhasil meraup kesuksesan. Pengguna layanan aplikasi yang semakin meningkat setiap harinya membuat banyak orang tergiur untuk bergabung sebagai driver Grab. Apakah Anda termasuk salah satu mitra driver yang baru saja bergabung dengan Grab? Tentunya Anda perlu mempelajari cara menggunakan aplikasi Grabbike driver terlebih dahulu.

Sebagai seorang driver ojek online, Anda memang dituntut untuk mampu mengoperasikan aplikasi Grab. Aplikasi tersebut dapat didownload secara gratis melalui Play Store. Permasalahannya adalah, bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut? Tidak perlu khawatir. Aplikasi Grab dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan setiap pengguna untuk dapat menggunakannya dengan mudah.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Grabbike Driver

Meskipun terlihat mudah, ada saja driver yang merasa kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi Grab. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan akibat tidak bisa menggunakan aplikasi dengan benar, di bawah ini tersedia tutorial singkat mengenai cara menggunakan aplikasi Grabbike untuk driver.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Grabbike Driver

Sebelum belajar mengenai cara menggunakan aplikasi, pastikan bahwa Anda telah terdaftar sebagai mitra driver Grab. Cara mendaftarkan diri Anda sangat mudah. Cukup kunjungi website resmi Grab dan cari pilihan Driver Sign Up. Masukkan informasi mengenai diri Anda, masukkan captcha kemudian klik Daftar Sekarang. Tunggu konfirmasi dari Grab.

Setelah itu…

Setelah melakukan pendaftaran dan telah menerima konfirmasi atau verifikasi dari Grab, Anda sudah siap untuk menggunakan aplikasi. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Anda telah mendownload and menginstall aplikasi Grab di Google Play Store.
2. Setelah melakukan pendaftaran melalui website resmi Grab, Anda bisa langsung melakukan login menggunakan username dan password yang Anda miliki.
3. Buka aplikasi Grab. Akan muncul berbagai informasi pada layar ponsel Anda seperti peta, detail driver, hingga saldo Anda.
4. Untuk mulai bekerja, tekan tombol power pada bagian tengah atas layar ponsel Anda. Jika sudah berwarna hijau, itu berarti Anda sudah dapat menerima order dari penumpang.
5. Jika ingin beristirahat, tekan tombol idle pada bagian pojok kanan atas layar ponsel Anda.
6. Ketika ada order penumpang yang masuk, Anda bisa memilih untuk menerima pekerjaan atau tidak. Jika ingin menerima, tekan Terima Pekerjaan. Datangi lokasi penjemputan yang diinginkan oleh penumpang.
7. Ketika sudah tiba di lokasi penjemputan, tekan Mulai.
8. Tekan Selesai apabila penumpang sudah sampai di tujuan dan sudah membayar.
9. Jika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan dan pulang ke rumah, tekan tombol power sehingga tidak lagi berwarna hijau.

Bagaimana menurut Anda? Cara menggunakan aplikasi Grabbike untuk driver sangat mudah, bukan? Setelah beberapa kali mengoperasikannya, bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengaktifkan, menonaktifkan, dan menerima order dari penumpang.

Fitur-Fitur pada Aplikasi Grabbike

Anda telah mempelajari tutorial singkat mengenai cara mengoperasikan aplikasi Grab untuk driver. Aplikasi tersebut memang dirancang untuk mempermudah semua orang dalam mengaksesnya. Selain tampilan yang ramah pengguna, sistem yang digunakan juga relatif mudah untuk dipelajari.

Baca juga:

Terlepas dari mudahnya mengaktifkan, menonaktifkan dan menerima penumpang, tahukah Anda bahwa terdapat fitur-fitur berguna lainnya yang bisa Anda manfaatkan dalam aplikasi Grab? Jika selama ini Anda hanya bisa menerima penumpang, kini saatnya untuk mengenal lebih jauh mengenai fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda sebagai driver Grab.

1. Peta

Dalam aplikasi Grab, tersedia fitur peta yang memudahkan Anda dalam melakukan navigasi. Peta yang terhubung dengan GPS tersebut memastikan Anda bisa menemukan lokasi penjemputan penumpang serta mengantarkannya ke alamat tujuan. Selain itu, GPS juga digunakan oleh perusahaan Grab untuk melacak apakah driver benar-benar melakukan pekerjaannya mengantar penumpang.

Tampilan peta bisa terlihat secara otomatis ketika Anda membuka aplikasi Grab. Di dalam peta Anda bisa melihat ikon anak panah berwarna biru yang menandakan posisi Anda. ketika Anda berjalan, posisi ikon tersebut juga akan berubah menyesuaikan dengan pergerakan yang Anda buat.

2. Tombol power

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan tombol yang satu ini. Tombol power terletak pada bagian tengah atas pada ponsel Anda. Untuk mengaktifkan, tekan tombol power hingga berwarna hijau yang menandakan bahwa Anda sudah siap menerima order penumpang. Jika Anda ingin menonaktifkan, tekan kembali tombol power hingga berwarna abu-abu.

3. Tombol istirahat (idle)

Apabila Anda ingin beristirahat sejenak untuk makan atau sembahyang, tidak perlu menonaktifkan aplikasi. Anda hanya perlu menekan tombol istirahat pada bagian pojok kanan atas tampilan ponsel. Tekan tombol hingga berwarna hijau yang berarti Anda sedang beristirahat. Tekan kembali hingga berwarna abu-abu jika Anda ingin kembali melanjutkan pekerjaan.

4. Info saldo

Pada tampilan awal aplikasi Grab, Anda juga bisa menemukan info saldo. Anda bisa menentukan kapan harus melakukan top up di Alfamart, Circle K, atau pegadaian. Penting untuk Anda ketahui bahwa Anda tidak dapat menerima order apabila saldo yang tersisa kurang dari Rp 10 ribu.

5. Menu

Pada bagian pojok kiri atas, terdapat fitur menu dengan ikon 3 garis. Anda bisa menekan ikon tersebut dan menemukan berbagai fitur lainnya. Yang termasuk dalam Menu adalah fitur Riwayat, Dompet, Insentif, Blog, Bantuan, Pengaturan, dan lain sebagainya. Anda dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Aplikasi Grabbike driver memang sangat mudah untuk digunakan. Dengan memahami setiap bagian yang dimiliki oleh aplikasi tersebut, Anda dapat memanfaatkannya dengan lebih maksimal. Tidak hanya sekedar menerima penumpang, Anda juga bisa mengecek saldo dan mengecek riwayat perjalanan.

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Grabbike Driver | Kerja Mudah | 4.5