Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Grab Dengan Mudah

Kini telah hadir aplikasi ojek online di Indonesia. Dari beberapa pilihan, Grab merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan masyarakat lebih memilih Grab daripada dua pesaingnya, Gojek dan Uber. Selain rajin memberikan promo menarik, tarif Grab juga lebih murah daripada dua aplikasi lainnya. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara menggunakan Grab?

Menawarkan solusi transportasi untuk masyarakat Indonesia, Grab hadir dengan berbagai kemudahan. Sebut saja layanan antar jemput penumpang, pesan antar makanan, hingga pengiriman paket. Cara pemakaian Grab juga sangat mudah. Hanya dengan menginstall aplikasi Grab pada smartphone, Anda sudah bisa menikmati beragam layanan yang ditawarkan.

Cara mudah menggunakan aplikasi grab

Menawarkan solusi transportasi berbasis aplikasi, nyatanya Grab tidak sembarangan dalam memberikan pelayanan untuk para pelanggan serta mitra driver. Sebut saja penggunaan aplikasi yang relatif mudah serta fitur-fitur perlindungan yang bisa dimanfaatkan baik oleh driver dan penumpang, semuanya bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Cara Menggunakan Grab via Aplikasi

Hingga saat ini, ada jutaan masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan dari Grab baik untuk keperluan antar jemput penumpang atau pesan makanan. Anda tertarik untuk bergabung dengan jutaan pengguna lainnya? Hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Grab melalui Google Play Store. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut:

1. Untuk download aplikasi, buka Google Play Store. Masukkan keyword Grab. Akan muncul beberapa pilihan aplikasi, pastikan untuk memilih aplikasi resmi dari Grab.
2. Tekan tombol Install untuk menginstall pada smartphone Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
3. Setelah selesai, buka aplikasi Grab.
4. Daftarkan diri Anda dengan memilih Sign Up. Masukkan data-data yang dibutuhkan.
5. Setelah melakukan pendaftaran, Anda siap untuk menggunakan aplikasi Grab.
6. Untuk memesan layanan antar jemput menggunakan Grab, pilih menu Transport pada bagian kiri atas tampilan ponsel Anda.
7. Apabila GPS Anda telah aktif, maka lokasi Anda akan ditunjukkan oleh pin. Anda hanya perlu memasukkan alamat tujuan.
8. Setelah mengetik alamat tujuan, aplikasi Grab akan memproses data kemudian menampilkan harga untuk tujuan yang Anda maksud.
9. Anda bisa memilih sarana transportasi sesuai keinginan seperti motor atau mobil melalui pilihan yang tersedia.
10. Apabila Anda setuju dengan harga yang ditampilkan, tekan Book.
11. Tunggu beberapa saat sementara aplikasi mencarikan driver terdekat.
12. Ketika ada driver yang menerima order dari Anda, maka Anda akan menerima konfirmasi dari Grab. Pihak driver juga biasanya akan menghubungi untuk memastikan pesanan.

Menggunakan Grab sangatlah sederhana. Meskipun Anda tidak terbiasa menggunakan gadget, mempelajari cara menggunakan aplikasi Grab tidak akan membutuhkan waktu lama. Hanya dengan mengikuti instruksi pada layar, Anda sudah bisa memesan layanan Grab sesuai dengan keinginan.

Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengguna Grab

Apabila Anda merupakan pengguna baru, ada baiknya untuk untuk mengetahui hal penting mengenai Grab. Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh penumpang sehingga merugikan diri sendiri atau merugikan mitra driver. Apa saja kesalahan tersebut? Berdasarkan pengalaman, berikut ini beragam kesalahan yang kerap dilakukan oleh penumpang saat memesan layanan Grab.

1. Booking sembarangan

Banyak pengguna Grab baru yang berniat iseng untuk mencoba apakah aplikasi benar-benar bekerja atau tidak. Mereka memasukkan alamat tujuan, mengecek harga, serta menekan tombol Booking tanpa berpikir ulang. Konsekuensi dari tindakan tersebut cukup merugikan, terutama bagi driver. Apabila ada driver yang terlanjur menerima order, maka hal ini bisa menimbulkan masalah.

Hal semacam ini sering terjadi, terutama bagi pengguna baru yang belum terlalu memahami cara kerja aplikasi Grab. Ketika driver sudah mendatangi lokasi penumpang, ternyata tidak ada penumpang yang memesan layanan tersebut. Tindakan ini merugikan driver karena membuatnya kehilangan kesempatan untuk menerima order dari penumpang yang benar-benar membutuhkan.

2. Asal cancel

Mungkin Anda hanya berniat mengecek harga Grab ke alamat tertentu. Namun, bagaimana jika Anda tidak sengaja menekan tombol Booking? Beruntung jika belum Anda masih sempat cancel sebelum ada driver yang sempat menerima order. Bagaimana jika ada driver yang terlanjur mengambil? Anda mungkin bisa membatalkan pesanan, tetapi hal tersebut berpotensi merugikan driver tersebut.

3. Order fiktif

Order fiktif merupakan tindakan tak bertanggung jawab yang sering dilakukan oleh pengguna aplikasi Grab. Dengan alasan apapun, order fiktif terutama order Grab Food tidak dibenarkan. Ketika driver sudah bersusah payah mengantri untuk membeli makanan yang dipesan oleh pelanggan dan mengantarnya hingga ke tujuan, ternyata tidak ada pelanggan yang dimaksud.

Kesimpulan

Meskipun demikian, Grab mempunyai kebijakan khusus mengenai order fiktif Grab Food. Driver tidak perlu takut rugi karena terlanjur membeli makanan karena uang pembelian akan diganti oleh Grab Food dengan syarat tertentu. Driver harus memberikannya ke panti asuhan dan menyertakan bukti penyerahan tersebut untuk mendapatkan pengembalian.

Terlepas dari kebijakan tersebut, driver tetap mengalami kerugian terutama dalam hal waktu. Terkadang driver harus mengantri lama untuk mendapatkan makanan di restoran tertentu. Seharusnya driver tersebut bisa menggunakannya untuk melayani penumpang lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi ojek online sangat berguna bagi masyarakat. Dengan mempelajari cara penggunaannya, Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan yang diberikan. Namun perlu Anda ingat bahwa ada aturan tidak tertulis yang perlu diikuti ketika menggunakan aplikasi tersebut. Pastikan Anda berhati-hati ketika melakukan booking sehingga tidak merugikan driver Grab.

Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Grab Dengan Mudah | Kerja Mudah | 4.5