Bagaimana Pembayaran GrabFood untuk Driver? Perhatikan!

Grab sebagai aplikasi ojek online telah mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya sekedar menawarkan jasa untuk mengangkut penumpang, Grab juga menyediakan layanan GrabFood. Sebagai mitra driver Grab, Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan GrabFood, sistem, hingga pembayaran GrabFood untuk driver. Dengan demikian, Anda bisa melakukan tugas dengan baik.

Apa yang dimaksud dengan GrabFood? GrabFood merupakan salah satu layanan dari Grab yang memudahkan pelanggan untuk memesan makanan melalui mitra driver Grab. Hanya dengan memilih jenis makanan yang diinginkan, driver akan mengantarkan pesanan tersebut hingga ke lokasi tujuan. Dengan kemudahan tersebut, tidak heran jika fitur ini menjadi salah satu andalah dari aplikasi Grab.

Cara Mengerjakan Layanan GrabFood untuk Driver

Jika biasanya Anda terbiasa dengan layanan Grab drive biasa, Anda perlu mengenal lebih dalam mengenai GrabFood. Beberapa mitra driver cenderung menghindari order GrabFood karena beberapa alasan, seperti belum memahami sistem pembayaran hingga ketakutan akan order fiktif. Alasan order fiktif memang cukup menakutkan karena membuat pengemudi merugi karena terlanjur membeli makanan tersebut.

Cara Mengerjakan Layanan GrabFood untuk Driver

Tapi tunggu dulu. Sebagai mitra driver cerdas, Anda perlu memahami bagaimana cara untuk meraup keuntungan melalui pekerjaan yang Anda miliki. Kenyataannya, mengambil order GrabFood justru menguntungkan. Alasannya, GrabFood menawarkan insentif yang menarik sehingga dapat memotivasi Anda untuk mengambil order tersebut.

Baca juga:

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan order fiktif. Perusahaan Grab mempunyai kebijakan akan mengganti order fiktif sebanyak 100%. Dengan mengikuti cara-cara tertentu, seorang mitra driver tidak perlu lagi khawatir akan merugi jika mendapat order fiktif karena akan diganti oleh manajemen GrabFood.

Bagaimana cara untuk mengerjakan layanan GrabFood? Anda perlu memahami sistem kerja yang diberlakukan oleh GrabFood karena layanan ini cukup berbeda dengan Grab drive. Berikut langkah yang perlu Anda perhatikan.

1. Order masuk

Ketika order masuk, Anda akan melihat tampilan order yang berisi ongkos kirim, ringkasan harga makanan, nama dan alamat restoran, jarak Anda dengan restoran, serta alamat pengantaran. Anda mempunyai waktu 15 detik untuk menerima pekerjaan tersebut. Tekan Terima untuk mengambil order.

2. Mengambil pesanan

Jika Anda telah menerima pesanan, maka akan muncul tampilan Google Map dengan informasi nama dan alamat restoran. Apabila sudah sampai di restoran, Anda harus menekan Saya Sudah di Restoran. Anda akan melihat detail menu pesanan dari pelanggan. Perhatikan apakah ada catatan tambahan mengenai pesanan yang diinginkan. Tunjukkan tampilan tersebut pada pihak restoran, tekan Saya Sudah Pesan.

Ketika sudah memesan, akan muncul tampilan harga total yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Pastikan untuk menyimpan foto dan struk belanja agar dapat ditunjukkan jika terjadi masalah kemudian. Anda juga harus memastikan apakah Anda mempunyai kembalian atau tidak apabila pelanggan membayar secara tunai.

3. Setelah memesan

Setelah menekan pilihan Saya Sudah Bayar, maka Anda dapat mengambil foto struk. Pastikan foto tersebut jelas sehingga dapat dibaca. Tekan Kirim untuk mengunggah struk pembayaran. Klik Konfirmasi ketika pesanan selesai dan siap untuk diantar ke alamat tujuan. Layar smartphone akan menunjukkan navigasi menuju alamat pelanggan.

Tekan Saya Sudah Sampai ketika sudah tiba di lokasi.
Ucapkan salam pada pelanggan dan serahkan pesanan. Ketika pelanggan sudah membayar, tekan Makanan Sudah. Dengan demikian, pekerjaan Anda telah selesai.

Informasi Mengenai Pembayaran GrabFood untuk Driver

Ketika menerima order GrabFood, Anda tentu harus mengeluarkan uang pribadi terlebih dahulu untuk membayar makanan yang dipesan oleh pelanggan. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana uang tersebut akan diganti oleh pihak GrabFood. Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir akan dicurangi karena sistem GrabFood telah bekerja dengan sangat baik untuk kemudahan mitra driver.

Perhatikan hal penting berikut ini mengenai pembayaran ketika mengambil layanan GrabFood.

1. Edit total pembayaran

Apabila mitra driver menemukan perubahan harga, pastikan untuk mengedit total pembayaran. Dengan melakukan edit total pembayaran, Anda dapat menyesuaikan harga pesanan dengan harga baru yang ditetapkan oleh pihak restoran.

2. Cek promo

Ketika mengambil order GrabFood, penting bagi Anda untuk mengecek apakah pelanggan menggunakan kode promo atau tidak. Apabila pelanggan menggunakan kode promo, maka ada diskon makanan yang berlaku. Apabila pelanggan menggunakan kode promo, maka pembayaran promo akan masuk ke Dompet Tunai dalam aplikasi Anda.

Mudah bukan? Meskipun membutuhkan proses yang lebih panjang jika dibandingkan dengan order Grab drive, tidak ada salahnya untuk mengambil layanan GrabFood untuk menambah poin yang Anda miliki. Namun pastikan Anda mempunyai saldo kredit yang mencukupi agar tetap bisa mengambil order dari pelanggan.

Sebagaimana yang Anda ketahui, mitra driver yang mempunyai saldo kredit kurang dari Rp 10 ribu tidak akan mendapat order. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan top up. Bagaimana cara top up GrabCar driver?
Melakukan top up GrabCar sangat mudah. Anda dapat mengisi saldo kredit di Alfamart, Circle K, atau pegadaian.

Namun jika Anda tidak sempat untuk mendatangi lokasi pengisian tersebut, tidak perlu khawatir. Lakukan pemindahan dana dari Dompet Tunai ke Kredit. Cara pemindahan dana tersebut juga sangat mudah menggunakan aplikasi Grab yang Anda miliki.

Sebagai mitra driver Grab yang profesional, Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan untuk melayani penumpang tanpa pilih-pilih. Tidak hanya mengantar penumpang, Anda juga bisa melakukan layanan GrabFood. Dengan mengetahui pembayaran GrabFood yang diberlakukan untuk driver, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

Bagaimana Pembayaran GrabFood untuk Driver? Perhatikan! | Kerja Mudah | 4.5