Sistem Gaji Grabbike 2018 Menguntungkan Driver? Simak!

Setiap perusahaan penyedia transportasi online memiliki sistem pembagian gajinya masing-masing. Pada Gojek, misalnya, sistem bagi hasilnya adalah 80% untuk pengemudi dan 20% untuk Gojek. Lantas bagaimana sistem gaji Grabbike 2018? Adakah perbedaan dengan tahun sebelumnya? Adakah kemungkinan sistem gaji Grabbike 2018 akan berubah di tahun mendatang? Berikut ini ulasan selengkapnya mengenai sistem gaji Grabbike 2018.

Sistem Gaji Grabbike 2018

Mengetahui bagaimana sistem gaji Grabbike memang penting bagi para peminat yang ingin bergabung menjadi driver. Mereka tentu ingin tahu dengan pasti, atau minimal gambaran berapa potensi penghasilan bekerja sebagai ojol. Anda termasuk begitu juga? Nah, kali ini akan kita bahas dengan tuntas.

Lebih Dekat Mengetahui Sistem Gaji Grabbike 2018

Seperti halnya Gojek, Grab juga menggunakan sistem bagi keuntungan. Untuk para driver Grabbike, akan mendapat 90% dari total penghasilan, dan 10% untuk pihak Grab. Selain dari penghasilan utama tersebut, pengemudi juga mendapatkan insentif/bonus sebesar 10-15%.

Ketika sebuah pesanan masuk, sistem akan memberikan pesanan tersebut kepada pengemudi saldonya lebih banyak dari biaya pesanan pelanggan. Contoh biaya perjalanan Rp15.000, maka order akan masuk ke pengemudi yang memiliki saldo minimal 20.000.

Saldo pengemudi akan terpotong sebesar Rp15.000. Ketika pelanggan membayar tunai, maka Rp15.000 akan masuk ke kantong pengemudi. Jika pembayaran melalui GrabPay, maka 90% pembayaran akan diberikan pada pengemudi, dan 10% untuk Grab.

Baca juga:

Penghitungan bonus pada Grabbike ini nilainya berbeda-beda, bergantung pada beberapa faktor. Yang pertama adalah jarak, semakin jauh maka bonus semakin besar. Untuk jarak dekat mendapat bonus 10%, dan untuk jarak jauh mendapat bonus 15%. Yang kedua adalah jumlah order yang diambil. Terkait hal ini, pengemudi mengecek sendiri tabel bonus yang ada di kolom pembayaran.

Agar bisa memperoleh bonus tersebut, beberapa ketentuan berikut harus dipenuhi oleh pengemudi Grabbike.

  1. Order yang diambil oleh pengemudi lebih dari 80% dari order yang masuk
  2. Order yang dibatalkan tidak lebih dari 10 kali
  3. Mendapat rating minimal 4.6 dari pelanggan
  4. Tidak terdapat komplain terkait dengan kode etik

Bonus mingguan diberikan sesuai dengan keaktifan si pengemudi untuk menerima order setiap minggunya. Dalam satu hari, terdapat dua periode jam bonus, yakni jam ketika jumlah penumpang meningkat drastis. Dengan mengambil pesanan di jam ini, maka peluang memperoleh penghasilan tambahan akan semakin besar.

Bonus harian dan mingguan ini dihitung menggunakan skema tertentu. Jika sudah satu minggu, kalkulasi bonus akan dilakukan pada hari Senin. Semua faktor yang terkait dengan perhitungan bonus, seperti rating hingga pembatalan akan dihitung. Bonus tersebut ditransfer pada hari Selasa ke rekening pengemudi.

Sistem Insentif Baru Grab Tahun 2018

Dengan semakin banyaknya pelanggan dan pengemudi, sejak Januari 2018 Grab menjalankan sistem insentif yang baru. Nominal insentif dan bonus pada tahun 2018 ini lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2017.

Tabel perbandingan insentif Grab antara tahun 2017 dan 2018 adalah sebagai berikut.

Sistem Gaji Grabbike 2018

Terlihat bahwa terdapat penurunan pada insentif yang diberikan oleh Grab di tahun 2018. Dengan persaingan yang semakin ketat, maka driver memang harus bekerja lebih keras lagi.

Tambahan Penghasilan Dari Grabfood dan Grab Express

Selain itu, sistem gaji Grabbike 2018 juga memungkinkan pengemudi mendapat tambahan dari Grabfood dan juga Grab Express. Setiap menerima order untuk layanan ini, insentif yang didapatkan berupa jaminan argo dari Grab dengan besaran minimal Rp10.000. Namun besaran itu berbeda beda untuk setiap daerah.

Pada GrabFood, semakin jauh jarak pelanggan dengan tempat memesan, maka bonus yang diberikan juga semakin besar. Bonus juga semakin besar ketika Anda mengambil pesanan ketika jam sibuk. Insentif yang diberikan dapat mencapai Rp18.000 per order.

Jaminan argo ini hanya berlaku ketika syarat yang ditentukan oleh Grab dipenuhi pengemudi. Pertama, pengemudi harus mengambil minimal 60% dari pesanan yang masuk. Selain itu, pembatalan pesanan hanya boleh maksimal 10% pelanggan dan rating minimal 4.3.

Kini Anda sudah mengetahui sistem gaji Grabbike 2018. Ternyata bonusnya lebih kecil dari 2017. Namun Anda masih bisa dapat bonus tambahan dari layanan milik Grab seperti Grabfood dan Grab Express. Nah, semoga bisa menjadi informasi penambah semangat, dan selamat bekerja.

Sistem Gaji Grabbike 2018 Menguntungkan Driver? Simak! | Kerja Mudah | 4.5