Syarat Tahun Motor Gojek 2018 buat Pendaftar Baru

Gojek adalah salah satu moda transportasi umum alternatif yang saat ini cukup digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia. Lantaran popularitasnya, banyak yang menanyakan syarat tahun motor Gojek dan tertarik menjadi mitra Gojek atau pengemudi ojek online. Didorong oleh semakin sulitnya mendapatkan lowongan kerja, memanfaatkan kendaraan yang dimiliki, dan mengisi waktu luang, pelamar driver Gojek selalu membludak setiap kali perekrutan dibuka. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui syarat tahun motor Gojek sebagai persyaratan menjadi mitra. Lalu apa saja syarat menjadi driver Gojek dan syarat tahun motor Gojek? Simak ulasan berikut.

Syarat Tahun Motor Gojek

Syarat Umum Mendaftar Sebagai Driver Gojek

Sebelum mendaftar sebagai mitra atau driver Gojek, Anda perlu mengetahui beberapa persyaratan umum yang ditentukan oleh perusahaan. Syarat daftar Gojek 2018 yaitu:

  1. KTP, SIM C, dan STNK yang masih berlaku. Untuk SIM C setidaknya masih berlaku hingga 6 bulan setelah pendaftaran.
  2. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) untuk memastikan Anda bebas dari jejak kriminal di masa lalu dan tidak berbahaya bagi pihak Gojek ataupun penumpang nantinya.
  3. Memiliki smartphone Android dengan versi minimal KitKat 4.4 yang dapat mendukung kinerja aplikasi driver

Syarat Tahun Motor Gojek Bagi Pendaftar Baru

Syarat penting lainnya yang harus Anda penuhi sebelum mendaftarkan diri sebagai mitra Gojek adalah syarat tahun motor Gojek.

Pihak Gojek akan memeriksa tahun kendaraan dari STNK yang diserahkan ketika melakukan pendaftaran. Kebijakan Gojek terkait tahun motor yang bisa mendaftar sebagai mitra berubah seiring dengan jalannya waktu. Untuk mengajukan permohonan sebagai mitra, motor Gojek minimal tahun 2010. Sepeda motor yang dikeluarkan pada tahun 2009 dan sebelumnya tidak dapat diterima sebagai driver.

Selain memenuhi syarat tahun motor Gojek 2018, sepeda motor juga harus dalam kondisi prima. Syarat ini diberlakukan untuk menjamin kenyamanan penumpang ketika menggunakan jasa driver Gojek. Untuk jenis sepeda motor, tidak ada ketentuan khusus. Artinya Anda boleh mendaftar dengan sepeda motor matic, bebek, atau motor jenis yang lain.

Baca juga:

Syarat kendaraan Gojek memang selalu berubah untuk menjadikan layanan semakin baik. Perubahan dilakukan berdasarkan ulasan dari penumpang kepada driver di akhir perjalanan. Ulasan berisi kesan penumpang terhadap layanan Gojek termasuk kondisi motor yang digunakan oleh driver. Sehingga motor yang dinilai tidak layak tidak akan diterima.

Sanksi untuk Tahun Motor yang Tidak Memenuhi Syarat

Ketika awal kemunculannya, cara menjadi driver Gojek, calon driver diuji kemampuan berkendara sebelum direkrut. Akan tetapi, lama kelamaan driver hanya perlu menyerahkan berkas-berkas yang disyaratkan tanpa ujian. Karena aturan baru ini, tak jarang dijumpai calon driver yang memanipulasi kendaraan yang didaftarkan.

Perbuatan ini sebenarnya merugikan driver itu sendiri. Jika pihak Gojek mendapati bukti adanya kecurangan ini, mereka akan memberikan sanksi berupa peringatan atau pemutusan mitra. Meskipun sudah memenuhi syarat tahun motor Gojek, sebaiknya Anda menjaga kondisi motor agar tetap prima supaya selalu dapat melayani penumpang.

Solusi untuk Memenuhi Syarat Tahun Motor Gojek

Bagi Anda yang sepeda motornya tidak memenuhi syarat tahun motor Gojek, masih ada solusi. Anda dapat menjual motor lama untuk dijadikan uang muka kredit motor yang baru. Dengan menjadi driver Gojek, Anda akan memiliki penghasilan bulanan yang bisa disisihkan untuk membayar angsuran.

Gaji Gojek diperkirakan berkisar antara Rp4 juta hingga Rp8 juta per bulan. Fenomena ini membuat semakin banyak orang yang ingin menggeluti profesi driver Gojek. Penghasilan tinggi diperkirakan mencukupi untuk disisihkan guna membayar kredit sepeda motor. Namun, memilih sepeda motor dan besar cicilan juga harus menjadi pertimbangan. Maksimal besarnya cicilan 30% dari penghasilan bersih Anda.

Untuk mengambil kredit sepeda motor yang sesuai tahun motor untuk Gojek, Anda harus memperhatikan bunganya. Jangan tergoda dengan cicilan rendah dengan tenor yang panjang. Jumlahkan total pembayaran yang harus Anda keluarkan. Kalikan cicilan dengan panjang tenor pinjaman. Jangan sampai bunganya terlalu besar sehingga membebani Anda. Semakin pendek tenor cicilan, bunganya akan semakin kecil. Oleh karena itu pertimbangkan lamanya angsuran dan besarnya bunga.

Ketika memutuskan untuk membeli sepeda motor secara kredit untuk ojek online, Anda pun harus mengantisipasi menurunnya penghasilan. Pendapatan dari Gojek dapat berkurang karena semakin banyaknya driver ojek online akan berpengaruh pada tingginya persaingan. Akibatnya kesempatan Anda mendapatkan penumpang pun kian kecil. Selain itu, musim hujan juga berpengaruh terhadap gaji Gojek. Musim hujan menyebabkan penumpang lebih memilih moda transportasi yang lain seperti bus, angkutan kota, atau taxi online yang mampu melindungi dari angin dan hujan.

Oleh sebab itu, Anda perlu menyisihkan penghasilan sebagai tabungan ketika sedang mendapatkan banyak order. Sebagai pengojek online Anda harus memiliki cara mengatur keuangan sendiri. Karena gaji Gojek tidak menentu, dapatkan angka penghasilan rata-rata dengan menjumlahkan pendapatan setahun dibagi 12 bulan. Setelah mendapatkan angka penghasilan rata-rata, Anda dapat mengalokasikan berapa bagian untuk cicilan, tabungan, dan keperluan lainnya.

Demikian ulasan tentang syarat tahun motor Gojek yang harus dipenuhi oleh calon driver. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Syarat Tahun Motor Gojek 2018 buat Pendaftar Baru | Kerja Mudah | 4.5